Nama Guru : Mulyani
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : XI IPS 2
Pertemuan : 3
KD : Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia
Tujuan Pembelajaran : 1. perkembangan jalur trasportasi perdagangan Internasional di Indonesia
2. Potensi dan pengelolaan sumber daya kelautan Indonesia
Materi : Jalur trasportasi perdagangan dan pengelolaan SD kelautan Indonesia
Kerajaan maritim ( kelautan ) terbesar di Indonesia
1. Kerajaan Sriwijaya
2. kerajaan Majapahit
Kerajaan Sriwijaya
Mencapai kejayaan pada abad ke 6 - 10 M yang menguasai selurh jalur perdagangan maritim di Asia Tenggara dan menjadi pengendali jalur perdagangan antara India dan Tiongkok, sebagai benua yang kaya komoditas perdagangan.
Kerajaan Majapahit
Kerajaan maritim besar di jawa yang menyatukan nusantara dalam bidang ekonomi dan berkembang pesat, serta memberdayakan kerjasama antarnegara, pertukaran budaya dan pertahanan dan keamanan.
Barang yang dikirim ke negara lain seperti beras, lada, kayu, cendana, pala, kapuk, kapur barus, cengkeh dan damar. barang-barang yang datang ke Indonesia ( Tiongkok ) keramik dan sutra, ( India ) berbagai jenis kain.
Kemunduran terbesar Indonesia setelah VOC mulai menguasai jalur perdagangan.
Setelah Indonesia merdeka ada 3 Alur laut Kepulauan Indonesia ( ALKI )
1. ALKI I melalui selat malaka, selat karimata, laut natuna dan laut Tiongkok selatan
2. ALKI II melalui selat lombok, selat makasar, dan laut sulawesi
3. ALKI 111 - A melalui laut sawu, selat ombai, laut banda ( barat pulau buru ), laut seram ( timur pulai mongole ) laut maluku dan samudra pasifik.
4. ALKI III - B melalui laut timor, laut leti, laut banda (barat pulau buru), laut seram (timur pulau mongole), laut maluku dan samudra pasifik.
5. ALKI III - C melalui laut arafuru, aut banda (barat pulau buru), laut seram (timur pulau mongole), laut maluku dan samudra pasifik.
Melalui laut perdagangan internasional dilakukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar